Senin, 11 November 2013

Pengenalan Pada Manajemen Informasi



Pengenalan Pada Manajemen Informasi

A.     Pengertian manajemen informasi
Manajemen informasi adalah pengelolaan data di dalam nya mencakup proses mencari, menyusun, mengklasifikasikan, serta menyajikan berbagai data yang terkait dengan kegiatan yang dilakukan perusahaan sehingga dapat di jadikan landasan dalam pengambilan keputusan oleh manajemen


B.       Kepentingan Manajemen Informasi
Kebutuhan akan manajemen informasi disebabkan oleh :
1.      Meningkatnya kompleksitas tugas manajemen
Hal ini disebabkan oleh karena :
·         Pengaruh ekonomi internasional,
Sistem Informasi Manajemen
Semua perusahaan tidak dapat lepas dari pengaruh sistem perekonomian dunia saat ini. Misalnya fluktuasi nilai tukar mata uang yang berubah dengan cepat
·         Perkembangan teknologi dunia yang semakin pesat Kemampuan seorang mengirim informasi dalam hitungan detik melalui satelit,modem, fax, dsb. Peran manusia yang sudah mudah berkurang akibat modernisasi pabrik dengan penggunaan robot.
·         Semakin sempit nya kerangka waktu bagi para manajer untuk mengambil keputusan Kemampuan manajer dalam mengambil keputusan dalam waktu yang sempit dan ketat sangat dibutuhkan akibat persaingan dunia usaha yang juga semakin ketat.

2.      Keinginan untuk menggunakan peralatan pemecahan masalah yang lebih baik.
Karena tugas manajer yang semakin kompleks maka usaha untuk meningkatkan efektifitas dalam pemecahan masalah dengan menggunakan teknik kuantitatif dan peralatan elektronik.
Misalnya:
Seorang manajer produksi SAMPOERNA yang dapat melakukan analisis hasil produksi rokok melalui sebuah Personal Digital Assistan ketika melakukan penerbangan dari luar negeri.

C.       Peranan manajemen menurut Mintzberg adalah :
1.      Peran antar pribadi (Interpersonal roles)
·         Pemimpin (Leader) yang mampu menyediakan motivasi
·         Ber penampilan tinggi (Figure head), Melaksanakan tugas seremonial
·         Mampu berhubungan dengan orang lain (Laison), menjalin hubungan dengan orang yang berada diluar unit

2.      Peran informasional (Informational roles)
·         Pemonitor (Monitor), Mencari informasi dan mengamati aktivitas yang ada
·         Menyampaikan informasi (Disseminator)
·         Juru bicara (Spokesperson)


3.      Peran pengambil keputusan (Decesition maker roles)
·         Wiraswasta (Enterpreneur) membuat perbaikan
·         Menangani gangguan (Disturbance Handler) dengan bereaksi terhadap kejadian yang tidak diduga
·          Pembagi sumber (Resource allocator)
·         Tawar – menawar (Negotiator

D.      Sumber daya Manajemen Informasi :
1.      Sumber daya FISIK : manusia, mesin, material, uang.
2.      Sumber daya KONSEPTUAL : Informasi (termasuk data).

E.       Tugas manajer mengelola sumber daya ini agar dapat digunakan secara efektif.

Manajer harus memastikan bahwa data mentah yang terkumpul dan kemudian diproses menjadi informasi yang berguna dan kemudian memastikan bahwa informasi tersebut layak digunakan oleh orang-orang dilingkungan organisasi dalam bentuk yang tepat dan pada saat yang tepat sehingga informasi tersebut dapat digunakan secara maksimal. Akhirnya manajer membuang informasi yang tidak berguna dan menggantinya dengan informasi yang up-to-date.
Semua Kegiatan diatas dinamakan “Manajemen Informasi”.
Pentingnya Manajemen informasi dalam Perusahaan, disebabkan karena :

A. Kompleksitas kegiatan bisnis yang semakin meningkat, disebabkan :
·         Pengaruh ekonomi internasional, co : gejolak inflasi.
·         Persaingan dunia.
·         Batas waktu yang singkat.
·         Kendala-kendala sosial.

F.        Fungsi-fungsi manajemen (Henry Fayol)
·         Manajer merencanakan apa yang akan dilakukan.
·         Manajer mengorganisasikan untuk mencapai rencana tersebut.
·         Manajer menyusun staff organisasi dengan sumber daya yang diperlukan.
·         Dengan sumber daya yang ada, para manajer mengarahkan untuk melaksanakan rencana tersebut.
·         Akhirnya para manajer mengendalikan (controlling) sumber daya tersebut dan menjaganya agar tetap beroperasi secara optimal.











G.      Tingkatan-tingkatan manajemen :
Tingkatan Manajemen :
 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhE_mNoJrvQPKUgdVFudmA1CCzSR9GVADm7HCu5CZm4mQ56PIfm1KuZs_MT1Zv8S__OuTKMAiMG01owUypJJxALMGSx9QYeGV3zsk1GjM-_G9wNNEckhG6ch6WrTZ591Rr6fZOg8yCfHHQD/s1600/1.jpg

·         Perencanaan Strategis ; direktur, wakil direktur, bertanggung jawab atas pengambilan keputusan.
·         Pengendalian Manajemen ; manajer wilayah, ka. Divisi, bertanggung jawab untuk melaksanakan rencana dan memastikan tercapainya tujuan.
·         Pengendalian Operasional ; supervisor, pimpinan proyek, menyelesaikan rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh para manajer diatas nya, merupakan tempat berlangsungnya operasional perusahaan.

H.      Keahlian Pihak Manajemen :
1.      Komunikasi, manajer menerima/mengirimkan informasi dalam bentuk :
·         Lisan ; pada saat meeting, dll.
·         Tulisan ; laporan, surat, dll.
2.      Pemecahan Masalah, sebagai kegiatan yang mengarah pada solusi suatu permasalahan (manajer terlibat dalam pengambilan keputusan).



Sumber:                      




Tidak ada komentar:

Posting Komentar